Jumat, 07 Oktober 2011

Ciri Khas Negara Jepang

Beberapa Ciri Khas Negara Jepang
03.06.2010 | Author: slessemnave | Article Posted in Internasional
lainnya japanese, lainnya Jepang, lainnya Sakura,
Ciri Khas Negara Jepang yang Indah
Quote:





Icon Negara Jepang
Quote:
Sakura adalah bunga yang selalu diidentikkan dengan negara Jepang yang mekar setiap tahun ketika haru (musim semi). Sakura merupakan icon penting bagi negara Jepang yang juga sering diidentikkan keindahan dan kecantikan sehingga kata sakura dijadikan sebagai nama untuk nama perempuan yang melambangkan kecantikan dan keindahan. Selain itu, motif bunga sakura dapat juga kita temukan di berbagai-macam barang seperti pakaian (kimono), alat-alat tulis dan peralatan rumah tangga.

Jenis Bunga Sakura
Zaman dahulu sakura tumbuh secara alami di gunung dan taman. Jenisnya pun tidak begitu banyak, tapi sekarang karena tingginya ilmu pengetahuan sudah ada 300 jenis bunga sakura. Semua jenis bunga sakura itu merupakan hasil persilangan bunga sakura dari bebagai jenis yang tumbuh dipelbagai daerah di Jepang. Namun, di antara 300 jenis bunga sakura itu ShomeiYoshino-lah yang paling terkenal. Shomei Yoshino adalah bunga sakura yang dihasilkan dari persilangan bunga sakura yang dilakukan pada zaman Edo. Warnanya putih bersih berona pink pucat terutama dekat tangkainya. Bunga sakura jenis shomei yoshino ini butuh waktu satu minggu dari mulai kuncup sampai gugur, namun dapat juga lebih cepat kalau keadaan cuaca tidak bagus misalnya hujan lebat dan angin kencang. Sakura yang mekar dan mulai berguguran terlihat putih dari puncak pohon sampai ke bawah.

Mekarnya Bunga Sakura
Hari mekar bunga sakura berbeda-beda di tiap-tiap daerah karena Jepang negara yang memanjang sehingga ada perbedaan sebesar 20°antara sisi utara dan sisi selatan yang menyebabkan iklim Jepang juga berbeda, yakni makin ke utara waktu mekar bunga sakura makin lambat. Bunga sakura pertama kali mekar di Okinawa, yaitu pada pertengahan bulan Januari. Di Kyushu bunga sakura mekar pada akhir bulan Maret, sedangkan di Tokyo bunga sakura mekar di awal bulan April. Di Hokkaido bunga sakura mekar bulan Mei. Mekarnya bunga sakura ini menandakan datangnya haru (musim semi) dan bertepatan dengan tahun ajaran baru serta masa penerimaan karyawan baru.
Pada saat bunga sakura hampir mekar, di tv ada pemberitaan tentang perkiraan kapan bunga sakura kuncup dan mekar sempurna (mankai). Hari mekarnya bunga sakura sangat ditunggu-tunggu oleh orang Jepang. Biasanya, pada hari mekarnya bunga sakura orang-orang berkumpul dan berpesta di bawah pohon sakura minum sake atau bir, menyanyi atau berdiskusi sambil menikmati keindahan bunga sakura. Acara ini disebut ohanami. Bunga sakura tidak hanya sedap dipandang, tapi juga nikmat diminum dalam bentuk teh bunga sakura, yang lebih dikenal dengan sebutan sakuracha. Teh bunga Sakura umumnya diminum pada kesempatan-kesempatan istimewa seperti pesta pernikahan. Selain dijadikan teh, bunga sakura juga dapat digunakan untuk melapisi mochi ketika membuat kue sakura mochi. Perlu teknik khusus untuk membuat sakura mochi ini karena kelopak bunga sakura itu kecil. Meski saat ini hampir semua tempat (sekolah, taman, kuil) ditumbuhi pohon bunga sakura, tapi tidak semua tempat cocok dijadikan tempat untuk melihat bunga sakura.
Spoiler for gambarnya di spoiler:

Adapun daerah-daerah yang pemandangan bunga sakuranya bagus di antaranya adalah :
1. Daerah Kanto
Tokyo: Taman Ueno (Distrik Taito), Taman Shinjuku (Distrik Shinjuku), Taman Sumida (Distrik Sumida), Taman Koganei (Kota Koganei), Taman Inogashira (Kota Musashino)
2. Daerah Tokai

Perfektur Gifu : Taman Usuzumi/ Neodani (Kota Motosu), Pinggir Sungai Shinsakai (Kota Kakamigahara), Kamagatani (Kota Ikeda)
3. Daerah Kansai

hanamiOsaka : Taman Istana Osaka (Osaka), The Mint Bureau (Osaka), Taman Expo ‘70 Perfektur Hyogo : Taman Istana Himeji (Kota Himeji), Taman Akashi (Kota Akashi), Taman Shukugawa (Kota Nishinomiya) Perfektur Nara: Taman Nara (Kota Nara), Gunung Yoshino (Kota Yoshino), Taman Kooriyamajoshi (Kota Yamato Kooriyama)
Spo

Artikel lain yang mungkin berguna
Benefits of probiotics of blueberries concerning calories, malignancy reduction plus slimming human hormones.
Proper Way of Adjusting an Audio Equalizzatore
Here’s exactly what you will have to look into and care for in order to organise an excellent corporate event
What You’ll want to Know About Lemon Law Lawyers California
Learn How to Use Visualization Techniques To Reach Your Fitness Goals
One Response
Indonesia Furniture Handicraft Wholesale Marketplace Says:
June 4th, 2010 at 13:46
Pada tahun 1996, saya pergi ke Kagoshima, Okinawa dan Tokyo. Pada waktu itu sedang musim semi di sana, wah suasana taman di jepang terasa begitu indah, apalagi menjelang sore hari sambil melihat turunnya matahari di tepi pantai, sejuk dan adem banget.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar